UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTA) DENGAN MENGGUNAKAN METODE YANBU’A

Musta idah

Abstract


Ruang lingkup penelitian ini kelas IV SD Negeri 02 Candirejo Kab. Semarang Tahun 2016. Fokus permasalahan dalam kajian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) dengan menggunakan metode Yanbu’a, dan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI khususnya di bidang Baca Tulis Al-Qur’an. Berdasarkan hasil penilaian yang telah dilaksanakan selama dua siklus, melalui pendekatan metode yanbu’a terjadi peningkatan hasil belajar secara keseluruhan, yang terjadi pada nilai terendah maupun pada nilai tertinggi, sebelum tindakan, nilai terendah 10, setelah siklus I meningkat menjadi 70 dan setelah siklus II meningkat menjadi 72. Sedangkan nilai tertinggi sebelum tindakan 86, seteleh siklus I nilai tertinggi meningkat menjadi 88, sedangkan pada siklus II nilai tertinggi meningkat menjadi 100. Peningkatan ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas pada tes awal sebesar 55,84, sedangkan pada siklus pertama nilai rata-rata meningkat menjadi 78,72 dan pada siklus kedua nilai rata-rata meningkat menjadi 90,10. Untuk siswa, nilai ketuntasan belajar yang harus di tempuh adalah (KKM ≥ 70). Pada tes awal prosentase ketuntasan sebesar 52,63%, sementara pada siklus pertama prosentase ketuntasan meningkat menjadi 66,66% dan pada siklus kedua prosentase ketuntasan meningkat menjadi 88,88%. Hasil penelitian ini berimplikasi pada guru PAI dalam mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an untuk menerapkan metode yanbu’a dalam prose pembelajaran, sehingga membuat siswa lebih aktif, suasana belajar menyenangkan dan siswa mampu menjawab pertanyaan, mengerjakan soal dan pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar.

 

This research aimed to improve Baca Tulis Al-Qur’an (BTA, Read and Write Al-Qur’an) ability by using Yanbu’a method so that the achievement of PAI lesson  will be better, especially in reading and writing al-Qur’an (BTA). This research took place in SD Negeri 02 Kab. Semarang, fourth grade. Based on the assesment of  two cycles , the method of yanbu’a can  give improvement, for the lowest and the highest assesment. Before doing research the lowest was 10, in the first cycle became 70 and the second cycle 72. For the highest, before researching was 86, in the first cycle became  88 and the second cycle 100.  The improvement of the score can be seen from the average score of the students, the first test 55, 84, the average score in the first cycle 78.72 and the average score in the second cycle 90.10.  The minimum learning mastery for the students 70. The first test the students achieved 52.63% of minimum learning mastery, the first cycle the students achieved 66,66% of minimum learning mastery and the second cycle the students achieved 88,88% above minimum learning mastery, 70. The result of this research can be applied by PAI teachers, by using Yanbu’a Method in reading and writing al-Qur’an so the students will be active, enjoyable, cheerful and have the ability to answer and do the test, so it can improve the result of the assestment.

 

Kata kunci: kemampuan BTA, Metode Yanbu’a, hasil belajar


Keywords


kemampuan BTA; Metode Yanbu’a; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Al-Munawwar, Said Agil Husin. 2002. Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki. Jakarta: Ciputat Pers

Arifin, Muzayyin. 2003. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arwani, M.Ulin Nuha. 2004. Thariqah Baca Tulis dan Menghafal al-Qur’an “Yanbu’a. Kudus: Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an

Depdikbud. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Balai Pustaka

Ghoni, Djunaidi. 2008. Peenelitian Tindakan Kelas. Malang: UIN Press

Hafizh, Muhammad Nur Abdul. 1998. Mendidik Anak Bersama Rasulullah. Bandung: Mizan

Jalaluddin. 2009. Psikologi Agama. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Kasbolah, Kasihani, Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Malang: Universitas Negeri Malang

Marquis dan Woodworth. 1957. Psikologi, Jakarta: Buku Kedokteran EGC

Nurhasanah. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep, Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah. Bandung: UPI

Poerwadarminta. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia Volume 2. Jakarta: Balai Pustaka

Qardhawi, Muhammad Yusuf. 2003. Kaifa Nata’amalu ma’al Qur’an, terj. Kathur Suhadi. Jakarta: Al-Kaustar

Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Mengajar. Bandung: CV. Alfabeta

Wiriatmacja. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya




DOI: https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v1i1.1-28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License

ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and Education by http://attarbiyah.iainsalatiga.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

----------------------------------------------------------

 

ATTARBIYAH : Journal of Islamic Culture and Education IAIN SALATIGA p-ISSN: 0215-9996, e-ISSN: 2548-6020