Islamic boarding school, the transformation of Islamic education institution and its strategic role in global era
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir M., & Zaini T., (2019). Transformasi Pesantren (Studi terhadap Dialektika Kurikulum dan Kelembagaan Pondok Pesantren Rifaiyah Pati). Jurnal: EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam. 9(2).
Azra, A., (2002). Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Millenium III Jakarta: Kencana Prenada Media Grup dan UIN Jakarta Press.
Bungin, B., (2005). Metodologi Penelitian: Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press.
Chaer, M. T., (2017). Pesantren: Antara Transformasi Sosial dan Kebangkitan Intelektualisme Islam. Jurnal Fikrah Ilmu Aqidan dan Studi Keagamaan. 5(1). DOI:10.2103/fiqrah.v5Ii.2145
Dhofier, Z., (1994). Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES.
Ernita, D., (2012). Transformasi Sosial dan Nilai Agama. Jurnal Subtantia. 14(1).
Faisal, I., (2004). Paradigma Kebudayaan Islam, Studi Kritis dan Analisis Historis, Jakarta: PT. Mitra Cendikia.
Hakim, M. D. (2019). Transformasi Kurikulum Pesantren melelui Metode Pembelajaran Kitab Kuning dalam Mengembangkan Pesantren Studi kasus di Pondok Pesantren Al-Hikam Malang. Jurnal Andragogi. 1(2). DOI: http://dx.doi.org/10.33474/ja.v1i1
Kamal, F., (2018). Transformasi Pendidikan Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Aabd Ke-21. Jurnal Paramurobi. 1(2). file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/524-Article%20Text-738-3-10-20211102%20(2).pdf
Kariyanto, H., (2019). Peran Pondok Pesantren dalam Masyarakat Modrn. Jurnal Edukasia Multikultura. 1(1).
M Sharif M., (1990). Psikologi Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosda karya.
Martin V. B., (1995). kitab kuning. “Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat: Tradisi-Tradisi Islam di Indonesia.” Bandung, Mizan.
Moeslim, A., (1997). Islam Transformatif. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Mun’im, A. Z., & Rafiq. Peran Pesantren dalam Education for All di Era Globalisasi.
Nahrawi, A., (2008). Pebaharuan Pendidikan Pesantren. Yogyakarta: Gama Media.
Sudin, M., (2016). Pesantren, Transformasi Sosial Dan Kebangkitan Intelektualisme Islam. Jurnal Universitas Muhammadiyah Jakarta. 27(1).
Sudrajat, A., (2107). Pesantren sebagai Transformasi Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Jurnal Vickratina Jurnal Pendidikan Islam. 2(2).
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. (Bandung: Alfabeta). Tihami, Sohari Sahrani. 2010. Fiqih Munakahat: Kajian Fiqh Nikah Lengkap. (Jakarta: Rajawali Pres)
Syamsudin, B., (2119). Kebangkitan Cendikiawan Muslim Dalam Pemikiran dan Perpolitikan Indonesia. Jurnal Politica. 6(1). https://doi.org/10.32505/politica.v6i1.2727
Tamin, Z., (2018). Dinamika Perkembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren; Satu Analisis Filosofis. Jurnal El-BANAT Pemikiran dan Pendidikan Islam, 8(2).
Wahid, A., (1988). Prospek Pesantren sebagai Lembaga Pendidikan . Jakarta: P3M.
Zaenuri, A., (2018). Transformasi Kelembagaan Perguruan Tinggi Agama Islam dan Pengaruhnya Terhadap Manajemen Kelembagaan. Jurnal Kepemimpinan dan Pendidikan Islam. 2(1). https://doi.org/10.47945/transformasi.v2i1.312
DOI: https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v7i2.125-138
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and Education by http://attarbiyah.iainsalatiga.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
----------------------------------------------------------
ATTARBIYAH : Journal of Islamic Culture and Education IAIN SALATIGA p-ISSN: 0215-9996, e-ISSN: 2548-6020