Internalization of Pancasila Students' Profile values through Al-Qur'an Hadith materials in tenth grade at SMKN 8 Surabaya
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia. 3(3). 95-101.
Akip, M., A. Rahmat, Paizar, T. & Armaya, D. (2022). Konsep Merdeka Belajar Perspektif Ki Hajar Dewantara dan Relevasinya terhadap Pendidikan Islam. Jurnal Tazkirah. 7(2). 120-128.
Anggraini, D., Fathari, F, Anggara, J.W., & Al Amin, M.D.A. (2020). Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Milenial. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik, 2(1). 11-18. https://doi.org/10.33474/jisop.
v2i1.4945.
Ar Rasikh, A. R. (2019). Pembelajaran Al-Qur'an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah: Studi Multisitus pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Model Sesela dan Madrasah Ibtidaiyah At Tahzib Kekait Lombok Barat. Jurnal Penelitian Keislaman, 15(1). 14-28.https://doi.org/10.20414/jpk.
v15i1.1107.
Aziz, A. & Hasanah, U. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam di Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Education and Learning Sciences. 2(2). 1-14 https://doi.org/10.56404/jels.v2i2.19.
Ernawati, Y., & Rahmawati, F.P. (2022). Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis dalam Modul Belajar Siswa Literasi dan Numerasi Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 6(4). 6132-6144 https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3181.
Fa'atin, S. (2017). Pembelajaran Qur'an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah dengan Pendekatan Integratif Multidisipliner. Elementary. 5(2). 393-412.
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1). 33-54. Doi: 10.21831/hum.v21i1.38075.
Hadi, Abd., Asrori., & Rusman. (2021). Penelitian Kualitatif stdi Fenomologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. Banyumas : Pena Persada.
Hanum, L. (2021). Pembelajaran Al-Qur'an Hadis Berbasis Kontekstual di MTs. Pendidikan Agama Islam Medan (Studi Kasus pada Pembelajaran Daring). Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(1). 66-79. DOI: https://doi.org/10.53802/fitrah.v2i1.62.
Helaludin, H. W. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jafray.
Hidayat, R. & Abdillah (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya.” Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Idris, S. (2017). Internalisasi Nilai dalam Pendidikan (Konsep dan Kerangka Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Yogyakarta: Darussalam Publishing.
Inayah, N.N. (2021). Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 di SMK Negeri Tambakboyo. Journal of Education and Learning Sciences, 1(1), 1-13 https://doi.org/10.56404/jels.v1i1.7.
Irawati, D., Iqbal, A.M., Hasanah, A., & Arifin. B.S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238. https://doi.org/10.33487/
edumaspul.v6i1.3622.
Iswantir. (2019). Pendidikan Islam Sejarah, Peran dan Kontribusi Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Lampung: AURA (Anugerah Utama Raharja).
Jamaluddin, Alanur, S.N., Amus, S., & Hadin. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). 698-709 https://doi.org/
31949/jcp.v8i3.2553.
Junanto, S., Wahid, A., & Wahyuningsih, R. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2). 42-46. DOI: https://doi.org/10.22460/
ts.v6i2p%25p.2044.
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2). 138-151, DOI: https://doi.org/10.51476
/dirasah.v5i2.402.
Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan.
Kurniasih, A. D. (2022). Aktualisasi Nilai-Nilai Kepemimpinan Astha Brata Untuk Mewujudukan Profil Pelajar Pancasila Melalui Sekolah Penggerak. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(1). 56-62. https://doi.org/10.20961/
shes.v5i1.57773.
Latifah, D., Sulistia, D., Sajiwo, B., & Ginting, A.L.B. (2023). Penerapan Metode Ceramah dan Tanya Jawab pada Pembelajaran Al-Qur'an Hadis dalam Memahami Tujuan dan Fungsi Al-Qur'an. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1). 30-39.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3). 3613-3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714.
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33). 81-95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.
v17i33.2374.
Septianti, I., Muhammad, D.H., & Susandi, A. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Al-Qur'an dan Hadist. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(02). 23-32.https://doi.org/10.36835/falasifa.
v12i02.551.
Setiyaningsih, S., & Wiryanto. (2022). Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4). 3041-3052. DOI:10.36312/jime.v8i4.4095
/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME.
Sukarmi, S. (2019). Larangan Mendekati Zina Dalam Q.S Al-Isra'/
:32. El-Maqra, 2(1). 33-51.
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila dalam Pembelajaran melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platfrom Merdeka Mengajar. Jurnal TEKNODIK, 25(2). 155-167. DOI: https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897.
Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih Journal of Science Education, I(1). 115-132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85.
Teguh, T. (2015). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Yuliandre. (2021). Nilai-nilai Bela Negara dalam Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Jejak Pustaka.
DOI: https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v8i1.47-59
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and Education by http://attarbiyah.iainsalatiga.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
----------------------------------------------------------
ATTARBIYAH : Journal of Islamic Culture and Education IAIN SALATIGA p-ISSN: 0215-9996, e-ISSN: 2548-6020